the doctors

postingan ini bertujuan untuk menunjukkan rasa terimakasih kami kepada para dokter (dan juga para bidan dan perawat) yang telah membantu proses kelahiran Naifa. Alhamdulillah, eike dan pak suami puas sekali melahirkan di Eka Hospital Pekanbaru. meskipun setiap kali mau dikasih obat kita harus sebutin nama dan tanggal lahir terus dicocokin sama tulisan di "gelang identitas pasien" (rempes aja, haha) tapi demi prosedur dan nggak ada kesalahan dalam pemberian obat dsb yo wes lah ya. salut buat konsistensi mereka semua! :)

alhamdulillah juga, rumah sakit ini sangat PRO ASI. jadi bisa banget rooming-in, alias rawat gabung. konon standar di sana emang si ibu dan si bayi di rawat gabung, supaya si ibu bisa nyusuin kapanpun si bayi mau. ini juga bisa mempercepat proses keluarnya ASI lho. ;)



lahiran caesar nggak bisa menyusui? bohong banget! tetep bisa kok..
24 jam pertama memang si ibu belom boleh turun dari tempat tidur ya. duduk atau bahkan mengangkat kepala aja juga belom boleh. tapi harus banget latihan tidur miring, biar recoverynya juga lebih cepat. jadi..ya nyusuinnya sambil tiduran miring deh. minta tolong pak suami atau mamita atau para bidan buat angkatin bayinya dari babybox ke kasur kita, ditidurin miring, punggungnya diganjel bantal kecil..si ibu pun bisa deh nyusuin, sekalipun air susunya belom keluar..tapi semakin sering si bayi menghisap ya semakin cepat juga si susu terangsang untuk keluar.

di hari pertama Naifa lahir, susu eike emang belom keluar. tetek pun masih tampak seperti tetek remaja, bukan tetek ibu-ibu, hahaha.. tapi para bidannya sangat berusaha menyemangati dan mendukung supaya eike nggak menyerah. eike disuruh sering-sering nyusuin, biar si bayi isep-isep walau belom ada susu yang keluar. di hari kedua (apa ketiga ya?) baru deh mulai keliatan ada yg netes, walau sedikiiit. ;)) tapi toh, bayi kan punya cadangan makanan yang dia bawa dari rahim ya, jadi sampe 3 hari kalo belom dapet ASI pun bayi nggak bakal kelaperan. so, new moms..tenang dan santai aja ya kalo teteknya kayak tetek eike. kuncinya adalah: isapan bayi lah yang merangsang keluarnya ASI. ;)

puting lecet karena latch-on belom benar? kayaknya banyak deh ibu baru yang mengalaminya. eike pun begitu. jadi santai aja, you're not alone, mom! ;)

kalo lecet ya dioles aja pake ASI nya. eike pernah satu kali nyoba pake nipple balm dari mothercare (katanya aman kalo tertelan bayi, jadi nggak perlu dibersihkan kalo mau nyusuin lagi), tapi terus males. jadi paling praktis ya emang dioles pake ASI, hahahah. walaupun perihnya bisa berhari-hari (eike ngalamin sampe berdarah, uuugh), tapi tetep aja disusuin. lama-lama sembuh dan nggak sakit lagi kok.

kenapa postingannya jadi bahas puting lecet ya? hahahah.:))


so, kembali ke tujuan.. i (and also pak suami, ofkors) would like to say thank you..
to my favorite obsgyn..dr. Elita, Sp.OG, to the funny pediatrician..dr. Budi, sp.A, and to bidan Ance dan kawan-kawan (ada banyak banget bok, dan gonta-ganti, jadi cuman bidan Ance lah yg namanya paling eike inget heheheh). terimakasih, sekali lagi. Naifa lahir di berat badan yang pas-pasan, 2500 gram (padahal USG terakhir estimasinya 2900 gram, haha). dan dalam seminggu pertama sempet beratnya hanya 2200 gram. sempet ngelus dada waktu ngeliat betapa mungilnya bebi eike dibandingkan dengan bebi-bebi lainnya. tapi, alhamdulillah sekarang Naifa tumbuh sehat dan menggemaskan. :)


0 komentar:

Post a Comment