bayiku pupnya ijo! normal gak ya?



disclamer: membaca postingan ini sebaiknya tidak sambil makan, soalnya postingan ini isinya jorok, ngomongin pup.. hehehe :D

jadi pertengahan bulan lalu, waktu kami baru pulang dari Jakarta, tiba-tiba pup Naifa warnanya hijau. hijau tua, lebih tua dari hijau tai kuda. mendekati hitam, tapi nggak sehitam pup waktu baru lahir. oya, buat calon ibu...jangan kaget ya kalo nanti bayinya baru lahir dan pupnya hitam. hihihi. memang semua bayi baru lahir pupnya warna hitam, karena isinya adalah mekonium yang dia bawa dari dalam kandungan. biasanya di hari ke-empat (saat perut bayi isinya sudah ASI/sufor semua, baru deh warna pupnya jadi kuning. ;)

nah, kembali ke minggu lalu. waktu pertama kali lihat pupnya si bebi jadi hijau, eike masih santai. eike pikir karena kemarennya eike makan bayam banyak banget. tapi kok sampe besokannya mash hijau tua.. hmm. mulai curiga macam-macam deh. tapi karena si bayi santai aja, nggak gelisah ataupun ngeden berlebihan, nggak demam juga, pokoknya biasa aja deh, pun teksturnya tetep ada biji-bijinya gitu, jadi masih rada santai deh eikenya. nenen tetep jalan.

hari ketiga, masih juga hijau tua, walaupun udah ada campuran warna kuning sedikit. mulai deh eike buka twitter dan nanya ke doktertiwi. tapi nggak dibales. huhuhu. mungkin mentionan eike ketumpuk-tumpuk kali ya sama mentionan orang lain. jadi, mulai deh browsing.. dan ketemu sama artikel ini.

baru lah eike ngerti, kalo warna pup kuning itu adalah yg paling normal. warna hijau juga masih normal, meskipun itu artinya si bayi nggak mendapatkan ASI secara lengkap. jadi ternyata ASI itu ada foremilk dan hindmilk. foremilk itu yang lebih dulu dihisap si bayi, lebih encer dan kandungan lemaknya lebih rendah. sedangkan hindmilk baru keluar kalo foremilknya sudah habis (biasanya teteknya udah rada kempes tuh). nah, kenapa banyak yang saranin untuk menyusui bayi pada satu payudara sampe si bayi puas? supaya si bayi dapet juga hindmilk. hindmilk ini kaya akan lemak. lemak ini akan diproses sama cairan empedu, makanya nanti keluarnya pup warna kuning. kalau si bayi nggak dapet hindmilk, maka lemak yang dicerna sedikit, makanya pupnya hijau. begitu.

alhamdulillah, pup hijau ini bukan pertanda bahaya, dan pup Naifa pun kembali ke warna kuning seperti sedia kala di hari ke-5. setelah diingat-ingat..memang sewaktu perjalanan dari Jakarta kemarin itu, eike nenenin Naifa nggak pernah sampe dia puas. baru bentar dan dia udah merem, langsung eike copot. hehehe. :D

0 komentar:

Post a Comment